Pasta


Hai..Hai \(´`)/

Pasti kita semua udah gak asing sama yang namanya Pasta ˆˆ
*yup postingan kali ini saya akan membahas tentang Pasta…buat kamu-kamu yang sedang butuh berbagai macam informasi tentang pasta monggo dibaca…semoga bermanfaat yah ˆˆ


A.      Pengertian Pasta

Pasta adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, dibuat dari campuran tepung terigu, air, telur, dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. Pasta dijadikan berbagai hidangan setelah dimasak dengan cara direbus. Pasta berasal dari kata “paste” yang berarti “adonan tepung.”

Adonan pasta diolah dari tepung semolina, sejenis tepung gandum durum yang diberi air atau kadang-kadang diberi telur dan diaduk hingga menghasilkan adonan elastis dan mudah dibentuk sehingga terciptalah berbagai ragam bentuk pasta. Pasta buatan Amerika sering dibuat dari campuran tepung terigu Farina dan Semolina, sehingga mempunyai tekstur yang lebih lembut.

Awalnya pasta dibuat oleh ibu-ibu rumah tangga dalam bentuk pasta basah, namun karena banyaknya permintaan dan majunya teknologi, pasta mulai dibuat dalam bentuk kering. Pasta kering yang terkenal dan mendunia adalah pasta dengan merk Agnese dan Balltoni yang menggunakan nama keluarga sebagai merk dagangnya.

B.      Sejarah Pasta

Pasta berasal dari bahasa Italia "pasta alimentare" yang berarti adonan bahan makanan. Dalam arti luas, "pasta" bisa berarti semua adonan seperti adonan roti, pastry, atau cake. Dalam bahasa Italia, pasta yang berarti bahan makanan seperti mi disebut pastasciutta.

Dahulu dipercaya bahwa Marco Polo lah yang membawa pasta ke Italia. Marco Polo yang singgah lama di China kemudian mempelajari cara pembuatan mie dan kemudian diajarkan kepada masyarakat italia. Di italia mie China kemudian berubah resepnya menjadi pasta.

Namun teori ini kemudian dinyatakan salah. Marco polo masuk ke Italia pada tahun 1295 sedangkan ditemukan bahwa prajurit di daerah Genova telah mengkonsumsi pasta pada tahun 1275.

Teori yang baru meyatakan bahwa ada makanan pada zaman Etrusco-Roman yang memiliki bahan dasar sama dengan pasta bernama Lagane. Perbedaannya ada pada cara memasak. Lagane dimasak dengan cara dipanggang sedangan pasta direbus. Lagane inilah yang kemudian berkembang menjadi pasta yang kita kenal dengan nama Lasagna.

Dipercaya bahwa invasi Arab  abad ke 8-9 yang mempengaruhi cara memasak dan mengembangkannya menjadi pasta saat ini. Teori ini didukung dengan ditemukannya catatan sejarah buku tamud dimana di dalam nya terdapat lima resep makanan seperti pasta yang dimasak dengan cara direbus.

C.      Etiket Pasta

Pasta biasa disajikan sebagai Primo Piatto yang berarti hidangan pertama dan selalu diikuti oleh Secondo Piatto berupa daging, ikan, unggas, maupun sayuran. Selain menjadi Primo Piatto, pasta juga dihidangkan sebagai hidangan utama. Perbedaannya terdapat dalam jumlah serta saus yang digunakan. Sebagai hidangan utama tentunya porsinya lebih banyak. Selain itu saus dan bumbu yang digunakan juga lebih gurih dan creamy.

Di Italia, Pasta Lunga (pasta panjang) dimakan hanya dengan garpu. Tangan kanan memegang garpu lalu menggulung pasta di piring tanpa boleh memutus pasta tersebut. Gulungan pasta yang didapat harus disuapkan pada mulut keseluruhannya tapa ada yang tersisa maupun dikeluarkan kembali. Di Amerika dan beberapa negara eropa ada yang sedikit berbeda dengan cara memakan pasta ini. Garpu tetap ditangan kanan untuk menggulung pasta namun pasta tidak digulung di piring melainkan di sendok yang dipegang tangan kiri.

D.      Jenis-Jenis Pasta

1. Pasta Kering

Pasta kering yaitu pasta yang sudah dibentuk lalu dikeringkan Berdasarkan bentuknya pasta kering dibedakan menjadi 3, yaitu :

a. Pasta Lunga yaitu pasta yang memiliki bentuk panjang lebih dari 10 cm, diantaranya :
-    Spaghetti



Dalam bahasa Italia berarti tali kecil, bentuknya panjang seperti mie, bagian tengahnya padat (tidak berongga). Spaghetti dengan ukuran yang lebih kecil disebut Spaghettini. Selain Spaghetti yang berwarna putih kekuningan yang terbuat dari gandum durum, ada juga spaghetti berwarna coklat yang terbuat dari gandum whole wheat.

-    Fettuccine




Bentuknya panjang pipih seperti pita, lebarnya kira-kira ½ cm. Fettuccine kuning terbuat dari gandum durum dan fettuccine hijau dalam pembuatannya ditambahkan bayam. 

-    Capellini D’Angelo (Angel’s Hair)



Bentuknya sama seperti spaghetti tetapi lebih halus dari spaghetti. Disebut angel hair karena diibaratkan seperti rambut malaikat. Capellini D’Angelo (Angel’s Hair) ini ada juga yang dijual dalam bentuk bulat seperti sarang burung.



-    Tagliatelle


Sepintas  hampir sama  dengan fettuccine, tetapi bentuk jalinan melingkar seperti sarang. Ada tagliatelle yang pada permukaannya terdapat bercak-bercak tepung. Hal itu tidak menandakan kualitas yang sudah rusak, tapi hanya karakteristik yang tidak memperngaruhi rasa dan akan hilang dengan sendirinya saat direbus.

-    Pappardelle


Bentuknya hampir sama dengan tagliatelle, tetapi pitanya lebih lebar. Ada yang dijual berupa lembaran-lembaran pendek, ada juga berupa jalinan sarang seperti tagliatelle.

-    Cannelloni


Berbentuk tabung, permukaannya halus, panjangny akira-kira 10 cm. Bila cannelloni rebus tidak langsung diisi, rendam dahulu dalam air agar rongga bagian dalamnya tidak saling melekat.

-    Lasagna


Pasta berbentuk lembaran, ada yang polos ada juga yang bergerigi di bagian pinggirnya.

-    Lasagnatte


Lasagna yang lebarnya 2 cm dan tepinya bergelombang.


b. Pasta Corta yaitu semua pasta yang bentuknya lebih pendek, diantaranya :

-    Rigatoni



Bentuknya seperti tabung yang tidak terlalu besar, panjangnya kira-kira 5 cm, permukaannya bergaris-garis.

-    Farfalle


Bentuknya seperti kupu-kupu, bagian tepinya bergerigi, namun ada pula yang berbentuk persegi dan membulat.

-    Conchigliette/ Sea Shell



Pasta berbentuk kerang, ukurannya ada yang besar ada juga yang kecil. Permukaannya ada yang polos/licin ada juga yang bergurat-gurat halus. Pasta berbentuk kerang dengan permukaan bergelombang disebut Malloreddus.

-    Penne


Pasta berbentuk seperti pena, bagian dalamnya berongga dengan ujung serong/runcing. Permukannya ada yang begais-garis ada pula yang polos. Penne dengan ukuran kecil disebut Pennete.

-    Route/ Wagon Wheel


Pasta berbentuk bundar seperti roda, permukaan pinggirnya bergaris-garis halus. Ada yang berdiameter 2 cm, ada pula yang ukurannya lebih besar.

-    Macaroni
 

Makaroni panjang (Long Macaroni) bentuknya panjanag seperti spaghetti tetapi diameternya lebih besar, bagian dalamnya berongga. Ada macaroni yang berbentuk potongan, panjangnya kira-kira 1 ½ cm dan ada pula yang berbentuk siku (elbow).

-    Fusilli/ Tortiglioni

  

Pasta berbentuk spiral, ada yang polos ada juga yang berwarna-warni. Warnanya di dapat dari bahan alami seperti sayuran hijau, umbi-umbian, serta wortel.

-    Tagliolini


Berbentuk seperti sarang, helainya halus seperti angel hair. Bila dimasak sarang akan lepas dengan sendirinya, sehingga bentuknya tidak jauh berbeda dengan angel hair.
c. Pasta Minuta adalah pasta yang berbentuk butiran yang sangat kecil dan cepat matang. Pasta ini biasa digunakan dalam sup maupun disajikan seperti nasi. Diantaranya :

- Alfabeto



Memiliki bentuk huruf alphabet juga angka-angka.

- Anelli



Berbentuk cincin yang sangat kecil.

- Ditali



Berbentuk tabung kecil dengan pinggiran yang bergerigi.

- Grattoni


Memiliki bentuk lingkaran kecil yang permukaannya tidak beraturan. Dapat dikatakan mirip kerikil.

- Midolline



Memiliki bentuk serta ukuran yang menyerupai biji gandum.

- Orzo



Memiliki bentuk dan ukuran menyerupai beras.

- Pastina



Memiliki bentuk bintang yang sangat kecil.

- Stelline



Memiliki bentuk bintang yang sedikit lebih besar dari pastina namun memiliki lubang di bagian tengahnya.

2. Pasta Segar

Pasta segar (pasta fresca atau pasta all’uovo) adalah jenis pasta yang tidak dikeringkan. Jadi, setelah adonan diuleni dan digiling tipis, langsung dibenuk atau diisi. Pasta segar lebih enak rasanya dibandingkan pasta kering. Pasta segar terbagi ke dalam dua jenis yaitu:

a. Pasta all’uovo

Pasta ini menggunakan telur dalam bahan penyusunnya. Pasta ini tidak dapat bertahan lama. Pasta yang termasuk pasta all’uovo antara lain:

- Lasagnette


Sebenarnya pasta ini tersedia dalam bentuk kering, namun lebih banyak dibuat segar. Pasta ini berbentuk lebar dan panjang dengan pinggiran yang bergelombang.

- Paglia e Fieno
`


Pasta ini adalah versi segar dari fetucine. Biasanya memiliki dua warna yaitu kuning tanpa pewarna dan hijau yang diwarnai dengan sari bayam.

- Cittarine Caserecce


Memiliki bentuk seperti spaghetti namun lebih pipih dan segar.

b. Pasta Ripiena

Pasta ini merupakan pasta yang memiliki isian. Contoh dari pasta ini adalah :

- Agnolotti


Berbentuk setengah lingkaran. Biasanya diisi daging dan keju maupun sayur-sayuran.

- Fagottini


Berbentuk lingkaran lalu diisi bagian tengahnya dengan daging dan dibentuk membola bagian bawahnya.

- Pelmeni



Palmeni adalah pasta yang berasal dari rusia. Pasta ini diisi daging dan terkenal dengan sebutan Russian dumpling.

- Ravioli


Ravioli adalah pasta yang berbentuk segi empat dan memiliki isian yang sangat beragam.

- Tortellini



Tortellini adalah pasta berbentuk cincin dengan isian daging dan keju. Jika matang, tortellini sangatlah mirip dengan Pelmeni.

E. Perkembangan Pasta

1. Pasta di Italia

A. Italia Utara

Ciri khas masakan dari Italia Utara dari daerah lainnya adalah banyaknya penggunaan mentega dibanding minyak zaitun. Di sini pun pasta lebih jarang dimakan karena warga kawasan ini lebih banyak mengonsumsi polenta. risotto, dan berbagai sup hangat yang biasa dimasak pada musim dingin. Namun justru salah satu saus pasta yang paling mendunia berasal dari wilayah ini. Beberapa hidangan pasta khas Italia Utara adalah:

a.  Spaghetti Bolognese


Spaghetti Bolognese adalah hidangan spaghetti yang dihidangkan dengan saus khas daerah Bologa. Saus ini di dominasi oleh tomat dan di bumbui rempah-rempah Italia. Dalam saus ini biasanya terdapat daging sapi cincang.

b.  Ravioli Milanese



Ravioli Milanese adalah hidangan ravioli yang berasal dari daerah Milan. Ravioli ini berisi daging sapi cincang dan dihidangkan dengan saus béchamel.

B. Italia Tengah

Di Italia bagian tengah, cuaca lebih hangat dibanding di utara. Kawasan ini kaya akan hasil peternakan dan pertanian seperti daging unggas, sapi, babi, domba, tomat, kale daun hitam, kastanye, saffron dan farro. Farro adalah jenis serealia yang telah dibudidayakan sejak zaman Romawi. Beberapa jenis pasta yang terkenal di Italia Tengah antara lain:

a.    Gnocchi alla Romaine


Gnocchi adalah pasta yang adonannya dicampur dengan kentang. Gnocchi khas roma ini memiliki cita rasa gurih dengan rempah khas italia.

b.    Maccheroni alla Chittara


Hidangan ini adalah hidangan long macaroni . Macaroni ini disajikan dengan black zaitun dan rempah Italia.

C. Italia Selatan

Sejarah masakan Italia Selatan pada masa lalu dikategorikan menjadi masakan khas bangsawan yang mewah dan rakyat jelata yang dibuat dari bahan sayur-mayur, roti dan pasta. Jenis-jenis bahan makanan utama yang digunakan oleh warga Italia Selatan antara lain pasta kering, sup sayuran, ikan dan daging domba. Sayur-sayuran yang disukai antara lain tomat dan terong pada musim panas, rappini atau brokoli raab (sejenis brokoli) dan kubis bunga di musim dingin.
Hidangan pasta Italia Selatan antara lain:

a.  Maccheroni con le sarde


Hidangan ini merupakan hidangan khas kepulauan selatan italia. Tidak seperti daerah lainnya yang menyajikan macaroni dengan daging maupun ayam. Kepulauan selatan Italia menyajikan pasta dengan ikan. Salah satu yang terkenal adalah Maccheroni con le sarde yaitu macaroni yang disajikan dengan saus ikan sarden.

b.  Fettucine al Salmone Affumicato



Fettucine ini disajikan dengan béchamel sauce dan ikan salmon panggang.

2.  Perkembangan Pasta di Luar Italia

Masyarakat Italia yang senang berpetualang dan berdagang menjadi asal muasal meluasnya hidagan pasta ala Italia ke penjuru dunia. Pasta sendiri kemudian berkembang pesat menjadi salah satu makanan populer dunia. Bentuk yang beragam serta cara memasak pasta kering yang tidak sulit menjadikan pasta mudah diterima di berbagai negara di dunia.

Catherine de Medici diketahui adalah orang yang membawa macaroni & vermicelli ke daerah prancis. Setelah itu di perancis pasta terkenal sebagai dessert dan garnish soup. Kemudian berkembang kembali hingga terdapat pabrik pasta di Perancis.

Di Great Britain pasta yang paling digemari adalah Spaghetti Bolognese. Rasa gurih, asam manis, dan menyegarkan dari saus Bolognese ini sangat sesuai dengan lidah orang Inggris. Kemudian  Spaghetti Bolognese ini berkembang ke seluruh dunia dan menjadi pasta yang terkenal di seluruh dunia.

Sekian sedikit postingan All About Pasta kali ini ˆˆ

Like…share & comentnya jangan lupa yah…semoga berrmanfaat ˆˆ

4 komentar:

Julistra said...

nice post...thank you :)

Unknown said...

lobbang ho

Unknown said...

sangat bermanfaat, thankyou

melisa said...

more info about pasta resto https://tentangpasta.co.id/

Post a Comment

 
Copyright © Vera Susanti