Makanan Sepinggan ( One Dish Meal )

Ulala…… ♪♫•*¨*•.¸¸¸¸.•*¨*•♫♪ (~ ̄▽ ̄)~

Hay Every Body yang lagi buka link ini ˆˆ

Apapun alasan kalian bisa menemukan link ini dan akhirnya membuka link ini percayalah tidak ada yang kebetulan, semua itu pasti sudah rencana Allah…..Mungkin beberapa artikel diblog ini selain artikel ini dapat membantu memcahkan permasalahan hidup yang sedang anda alami *ciattttttttttttt hahhahhaha (~ ̄▽ ̄)~


Aamiin atuh yah…biar akunya semakin banyak bermanfaat buat orang lain *ciehhh ˆˆ


Oke lanjut…. ˆˆ

Postingan kali ini saya akan membahas tentang makanan Sepinggan, yang belum pada tau apa itu makanan sepinggan mangga dibaca dengan seksama terus dilike dan dishare sebanyak mungkin…hahhaha kan kalo dapet ilmu mah sekecil apapun musti dibagiin biar makin bermanfaat dan nda mubazir…bukan begitu…? ˆˆ

Oke…Makanan Sepinggan atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan One-Dish Meal merupakan suatu istilah yang diberikan untuk hidangan dimana seluruh sumber karbohidrat (nasi, mie, atau sumber karbohidrat lain) serta sumber protein (hewani & nabati), dan sumber vitamin (sayuran) terdapat dalam satu piring.

Ciri-ciri hidangan ini yaitu mudah, ringkas, berkhasiat & cepat saji ˆˆ


Beberapa contoh makanan sepinggan diantaranya adalah :


1.        Nasi Goreng

Nasi goreng berasal dari masyarakat tradisional tionghoa dan sudah dikenal sejak 4000 SM. Selanjutnya karena bangsa Tionghoa yang suka berdagang nasi goreng tersebar luas ke seluaruh wilayah Asia termasuk Indonesia, dan sampai akhirnya sekarang nasi goreng sudah dikenal diberbagai belahan dunia.
Unsur utama dalam pembuatan nasi goreng yaitu nasi, minyak & kecap. Sedangkan bahan-bahan yang bisa ditambahkan diantaranya adalah sayuran seperti : sawi; wortel; brokoli. Protein Hewani seperti : Bakso;Sosis;Telur;Daging Ayam;dsb.

Cara penyajian nasi goreng disetiap Negara berbeda-beda tergantung pada ciri khas Negara dan kebiasaan warga negaranya, contohnya nih kalo di Indonesia nasi goreng disajikan dengan sambal atau sate seperti gambar dibawah ini, karena ciri khas dari culture orang Indonesia adalah tidak dapat dipisahkan dengan sambal ˆˆ



Nah beda lagi kalo di USA nasi goreng biasanya disajikan dengan kuah loh seperti ini :



Hihihi biasanya sih kuahnya dari saus steak maklum orang bule’ kan makannya kudu pakek steak hahhahha

2.        Bihun

Bihun merupakan makanan sejenis mie teteapi bentuknya lebih tipis, bihun terbuat dari tepung beras seperti arti kata Bihun sendiri yang berasal dari bahasa Tingkok “Bi” artinya beras dan “Hun” tepung. Kalo dalam bahasa Inggris bihun ini disebutnya Rice Vermicelli atau Rice Noodles atau Rice Stick.

Dipasaran bihun dikenal ada 2 jenis yaitu :

-          Bihun Kering




Bihun kering merupakan suatu bahan makanan yang dibuat dari tepung beras dengan/tanpa bahan tambahan dan berbentuk benang-benang.


-          Bihun Instan


Bihun instan adalah produk makanan kering yang dibuat dari tepung beras dengan/tanpa bahan tambahan makanan lain berbentuk benang-benang dan matang setelah dimasak atau diseduh dengan air mendidih paling lama 3 menit.

Beberapa contoh olahan bihun yang dapat digunakan untuk makanan sepinggan :

Bihun Goreng




Bihun Kuah



3.        Kwetiau


Kwetiau adalah sejenis mie yang berasal dari Tionghoa, berwarna putih yang terbuat dari beras. Di sumatra terkenal dengan kwetiau medan yang memakai bakso ikan, di kalimantan terkenal dengan kwetiau sapi yang memakai daging sapi dan jeroannya seperti babat.
Olahan kwetiau yang lain seperti kwetiau goreng seafood atau berbagai macam kwetiau siram

4.        Mie

Mi atau mie adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, serta dikeringkan. Orang Eropa menyebutnya Pasta (dari bahasa Italia), noodle (bahasa Inggris). Bahan baku mie biasanya terbuat dari tepung terigu dan bahan tambahan  lainnya. Nah ini dia beberapa contoh mie yang biasa kita kenal :

ü  Spagetti: mie asal italia, terbuat dari gandum durum


ü  Fettuccine : mie asal italia, mirip spageti, pipih dan lebih halus, terbuat dari tepung gandum

ü  Ifu mie : mie asal Tiongkok yang terbuat dari tepung beras


ü  Makaroni: mie asal italia, dipotong pendek-pendek, melengkung dan berlubang ditengahnya.



ü  Misoa: mie asal Tiongkok, terbuat dari tepung terigu



ü  Mie Ramen: mie kuah asal Jepang, terbuat dari tepung terigu



ü  Mie Udon: mie asal Jepang terbuat dari tepiung terigu


5.        Pizza

Pizza berasal dari Italia,dahulu makanan ini umumnya dikonsumsi olah kaum miskin dan dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana yang mudah didapatkan seperti tepung terigu, minyak, garam, dan ragi
Pizza adalah sejenis roti bundar, pipih yang dipanggang di oven dan biasanya dilumuri saus tomat serta keju dengan bahan makanan tambahan lainnya.



         Jenis keju yang biasa dipakai yaitu keju mozzarella atau “keju pizza”.


         Jenis bahan lain juga dapat ditaruh di atas pizza, biasanya daging dan saus, seperti salami dan pepperoni, ham, bacon, buah seperti nanas dan zaitun, sayuran seperti cabe dan paprika, dan juga bawang bombay, jamur dan lain lain.

6.        Hamburger




Hamburger (atau seringkali disebut dengan burger) adalah sejenis makanan berupa roti berbentuk bundar yang diiris dua dan ditengahnya diisi dengan daging, kemudian sayur-sayuran berupa selada, tomat dan bawang bombay.

Jenis saus burger seperti mayones, saus tomat dan sambal serta mustard.  Beberapa varian burger juga dilengkapi dengan keju, asinan, serta bahan pelengkap lain seperti sosis dan Ham.


7.        Kebab



Kebab adalah sebutan untuk berbagai hidangan daging panggang/bakar yang ditusuk memakai tusukan atau batang besi. Hidangan ini umum dijumpai dalam masakan Laut Tengah, masakan Asia Tengah, masakan Asia Selatan, dan masakan beberapa negara Afrika.

Daging yang umum dipakai untuk kebab adalah daging domba dan daging sapi, atau kadang-kadang daging kambing, daging ayam, ikan, atau kerang. Kebab daging babi dikenal dalam masakan Armenia, Bulgaria,Yunani, dan India

8.        Lasagna


Lasagna adalah pasta yang dipanggang di oven dan merupakan makanan tradisional Italia. lasagna artinya berisikan daging. Lasagna dapat diisi dengan banyak isian lainnya seperti daging, sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya sesuai selera. Kulit Lasagna dibuat dari adonan tepung terigu

9.        Shabu-shabu



Shabu-shabu adalah makanan Jepang jenis Nabemono berupa irisan sangat tipis daging sapi yang dicelup ke dalam panci khusus berisi air panas di atas meja makan, dan dilambai-lambaikan di dalam kuah untuk beberapa kali sebelum dimakan bersama saus (tare) mengandung wijen yang disebut gomadare atau ponzu. Di dalam panci biasanya juga dimasukkan sayur-sayuran, tahu, atau kuzukiri.

10.    Soto




Soto, sroto, atau coto adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran.

yang paling sering digunakan adalah sapi dan ayam, tapi juga babi dan kambing.

Jenis soto yang ada di Indonesia: Soto Kediri, soto Madura, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, soto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, coto Makassar, tauto.

Soto juga dinamai menurut kandungannya, misalnya soto ayam, soto babat, soto kambing.Soto memiliki banyak kemiripan dengan sop.

Oke sekian dulu yah postingan tentang makanan sepinggan ini ˆˆ
Kalo ada yang mau ditanyakan atau memberi pencerahan baru monggo diisi dikolom komentar ˆˆ

Jangan lupa share & like yang banyak yah, semoga bermanfaat artikelnya ˆˆ

8 komentar:

Unknown said...

sangat menmbantu, terimakasih.. :)

Unknown said...

terimakasih sangat membantu infonya

danusha said...

its more interesting

danusha said...

nasi campur pun boleh ke??????????????

Anonymous said...

bener" menolong banget kak, dari kemaren aku nyari materi buat materi kuliah:V

hidangan sepinggan indonesia said...

terimakasih bu atas materi ini sangat membantu untuk persiapan mengajar

hidangan sepinggan indonesia said...

terimakasih bu atas materi ini sangat membantu untuk persiapan mengajar

hidangan sepinggan indonesia said...

terimakasih bu atas materi ini sangat membantu untuk persiapan mengajar

Post a Comment

 
Copyright © Vera Susanti