CANAPE


Postingan kali ini saya akan membahas tentang salah satu appetizer yaitu Canape… (ˆڡˆ)
Suka banget deh kalo liat canapé di buffet buffet gitu … unyu’ unyu’ banget bentuknya…bikin yang ngeliat pasti menggerakan tangannya untuk mencicipi…apa lagi porsinya yang imut itu Cuma satu gigitan udah abis bikin kita ngambil lagi ngambil lagi… (`´)
Yuk langsung aja kita bahas secara tuntas apa itu Canape… check it out ˆˆ

Canape is….?



Canapé ialah istilah bagi sejenis hidangan penggugah selera atau dikenali sebagai tartine di Itali. Canape juga diartikan kanopi dalam bahasa Perancis yaitu hidangan yang kecil dan dihiasi dengan berbagai cara untuk membuat menarik, dipegang menggunakan tangan dan kebiasaanya dimakan dengan sekali gigit saja.Canapé dijadikan hidangan pembuka selera. Canapé biasanya pedas atau sedikit asin untuk menggugah selera makan. Disebabkan bentuknya yang kecil, canape juga sesuai untuk pesta anak-anak.

Sejarah Canape

Asal muasal kue kecil ini dari Prancis dari kata Canape yang artinya sofa karena sejak akhir abad 18 istilah ini dipakai untuk irisan roti tipis yang dipanggang atau digoreng dengan aneka topping dengan rasa asin. Dalam perkembangannya canape pun menjadi suguhan wajib tiap kali ada cocktail party. Karena bentuknya kecil dan tidak terlalu mengenyangkan. Juga mudah dipadu dengan aneka rasa topping. Di Italia jenis canape ini dikenal dengan nama crostini.

Komponen Canape

ü Roti atau Krakers
Sebagai bahan utama canape bisa dipakai berbagai jenis crakers yang rasanya tawar atau asin seperti rice crackers, soda crackers, atau crackers dengan taburan keju dan biji wijen. Bisa juga dipakai potongan roti tawar kecil yang dipotong bundar atau segi empat atau roti Prancis yang diiris melintang tipis. Untuk roti bisa dipanggang sebentar sehingga rasanya renyah dan gurih.







Rice Crackers 









    soda crackers

ü Olesan
Untuk memberi rasa yang lebih mantap biasanya dipakai aneka olesan. Olesan bisa berupa mayones, cheese spread, cream cheese atau selai kacang dan selai buah. Sebaiknya sesuaikan jenis olesan dengan topping sehingga bisa memberi kontras rasa yang enak. Misalnya, olesan keju cocok untuk topping dengan rasa sedikit pedas atau renyah.




Selai Kacang





Mayones



ü Topping
Hampir semua jenis daging olahan seperti daging sapi asap, sosis atau ayam asap juga salmon asap atau ikan olahan lainnya seperti ikan tuna kalengan bisa dipakai untuk topping dengan olesan manis. Irisan kecil dan tipis aneka sayuran seperti wortel, tomat, timun atau daun selada bisa menjadi pelengkap yang menyegarkan. Aneka keju lunak dan potongan buah-buahan seperti anggur, melon, acar sayuran, dan buah kalengan bisa juga dijadikan bahan topping.

Penyajian Canape     

  • Canape yang sudah diberi olesan dan topping sebaiknya segera disajikan dan dimakan. Jika terlalu lama didiamkan, crackers dan roti akan jadi lembek dan tidak enak lagi dimakan. Topping akan berair dan kurang enak saat dimakan. Karena itu siapkan dan racik sesaat akan disajikan agar mendapatkan rasa yang segar dan enak.
  •   Canape yang sudah diberi olesan dan topping sebaiknya segera disajikan dan dimakan. Jika terlalu lama didiamkan, crackers dan roti akan jadi lembek dan tidak enak lagi dimakan. Topping akan berair dan kurang enak saat dimakan. Karena itu siapkan dan racik sesaat akan disajikan agar mendapatkan rasa yang segar dan enak.
  •   Untuk menghidangkan appatizer yang berbentuk canape dapat digunakan platters, bundar, oval, atau persegi ( square) atau menggunakan piring kaca . Piring kaca dipakai juga untuk menampilkan appatiezer berbentuk cold cuts, daging iris dingin dari beef atau chicken.







  • Diharapkan canapé disajikan dengan memiliki rasa yang enak (tastefull), ringan (ligth), menyegarkan (biasanya berasa agak asam untuk merangsang selera makan), berukuran kecil (biet size, finger food), dan disajikan dengan penampilan menarik karena canapé perlu mempunyai rasa yang menakjubkan supaya canape dapat menggugah selera makan kepada siapa saja yang menikmatinya dan dapat membangkitkan selera dan memberikan kesan bahwa hidangan yang akan disajikan setelahnya akan lebih enak lagi.

Nah…itu tadi beberapa catetan kuliah saya tentang Canape…semoga menambah pengetahuan ya…jangan lupa share yang banyak…dan tinggalkan komentarnya, nuhun…. ˆˆ

1 komentar:

Unknown said...

Alhamdulillah bisa membantu saya, untuk menyiapkan materi

Post a Comment

 
Copyright © Vera Susanti