Prinsip Pengolahan Makanan Kontinental



A.     Mempersiapkan Bahan-Bahan Olahan

Bahan olahan yang akan dimasak harus melalui beberapa proses penyiapan. Minimal bahan harus dicuci terlebih dahulu. Hal ini hendaknya dijadikan kebiasaan setiap kali melakukan kegiatan memasak. Selain itu pada beberapa bahan makanan hendaknya di cuci dahulu lalu disiangi atau dipotong-potong

B.    Menimbang Bahan

 Dalam proses memasak, menimbang bahan adalah hal yang penting karena ini erat hubungannya dengan food cost, agar tidak mengalami kerugian. Penimbangan juga berhubungan dengan portion control, hal ini akan menunjukkan bahwa konsumen juga tidak merasa dirugikan dengan uang yang dikeluarkan untuk membeli makanan tersebut.
Menurut jenis yang ditakar maka dibedakan antara takaran yang berbentuk solid  (bahan padat) dan yang berbentuk liquid (cairan). Misalnya sayuran, daging, dan ikan ditimbang dengan takaran gram, kilogram, pound (lbs). sedangkan untuk cairan menggunakan takaran liter, desiliter, cc, milliliter, pints, gill, dst.


C.   Pembumbuan Bahan

Bagian memasak yang penting setelah pencucian dan pemotonagn adalah proses membumbui makanan sesuai denagn resepnya sehingga makanan menjadi lezat. Proses ini disebut dengan seasoning. Menggunakan bumbu tertentu dengan takaran tertentu. Bumbu yang sulut diukut disebut dengan istilah season to taste atau takaran secukupnya. 

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © Vera Susanti